PRINT KAINlangsung JAHIT
beyond fabric printing
Get Started
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Membedakan Bahan Scarf Voal dengan bahan bukan voal

Posted On Sabtu, 03 Maret 2018

Kerudung voal / voile, belakangan ini menjadi trend bagi hijabers Indonesia. Banyak pedagang kain yang menjual kerudung dengan bahan voal, voal premium, voal arab, voal turki, voal paris, voal light, dan lain-lain. Penamaan jenis voal ini biasanya berasal dari produsen kain tersebut. Umumnya, penamaan kain diambil dari jenis konstruksi kain yang diambil untuk membuat kerudungnya. 

Bersamaan dengan populernya kain voile ini, tidak jarang banyak pedagang yang mengambil kesempatan untuk menjual kain lain sebagai kain voile. Pengalaman ini tentu sangat tidak menyenangkan. Kata anak zaman now... "Bikin KZL!". Wkwkwkwk.... Karena itu, kami akan memberikan tips-tips untuk membedakan kain voile dan kain bukan voile.

Sebelum membahas hal ini lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu sejarah kain voile. Kata voal sendiri berasal dari "voile". Kata voile ini berasal dari bahasa Perancis yang artinya kain transparan tipis dan semi transparan. Kain ini termasuk jenis semi-sheer, artinya ditenun dengan benang jarang-jarang. Artinya, posisi benang tidak terlalu rapat, sehingga menghasilkan efek transparan.

Kain voile dipopulerkan oleh Jean Baptiste di abad 13. Beliau sendiri adalah produsen kain linen. Itu sebabnya banyak orang yang sering menggunakan kain linen, ketika pertama kali melihat kain voal akan melihat kemiripannya. Perbedaan antara kain voile dan linen adalah pada besar benang yang digunakan, dan threadcount-nya. Pada beberapa variasi, benang mentah yang digunakan juga berbeda, ada yang menggunakan polyster, katun, ataupun blended. Pada gambar di atas, dapat terlihat tekstur kain voal dari dekat.

Jadi, apa bedanya kain voal / voile dengan kain lain yang dijual sebagai "voal"?

Tekstur kain voal seperti linen
Kain voile memiliki tekstur seperti kain linen, bukan tekstur seperti kain chiffon yang agak "keriting", atau bahkan benang miring seperti kain satin.


Bahan voal umumnya ringan
Bahan voal umumnya ringan, karena untuk membuat tekstur tipis dan transparan diperlukan bahan ringan.


Cetakan pada bahan voal berkesan tembus ke belakang
Karena bahan yang tipis, cetakan pada bahan voal berkesan tembus ke belakang. Pada banyak bahan lain yang dijual sebagai bahan "voal", efek seperti ini tidak Anda dapatkan. Jika pedagang menawarkan kain voal yang di kanan, kemungkinan besar konstruksi kain tersebut serupa kain BSY yang dibuat lebih tipis. Variasi yang ada di pasar biasanya dibuat dengan benang yang tidak homogen antara tiap jalurnya, sehingga menimbulkan kesan kasar dan vintage.


Konstruksi kain bagian belakang sama dengan bagian depan
Jika Anda membeli kain voal dengan bagian depan dan belakang kain berbeda, artinya itu bukan kain voal. Jika bergaris-garis, kemungkinan adalah chiffon atau jenis kain lain serupa. Pada beberapa case, banyak juga bahan serupa BSY yang dibuat lebih tipis dan dijual sebagai kain voal. Hayoooo... siapa yang pernah beli kain voal jenis ini :)


Kain voal lemas dan "jatuh"
Kain voal lemas dan jatuh jika digunakan. Sedangkan yang agak mengembang biasanya varian dari chiffon atau organdi. Bisa dicoba dibandingkan dengan ditaruh pada bidang datar.

Kain voal tidak berkesan "lengket" ketika dipegang dengan dua jari.
Kain voal tidak seperti linen, lembut saat dipegang. Sedangkan kesan "lengket" didapat jika benang kain yang dijual sebagai voal tersebut agak keriting. Jika demikian, artinya pedagang kain tersebut menjual kain chiffon dan diberi nama sebagai voal :) 

Jadi... sudah jelas kan bedanya kain voal dan bukan? Jika masih bingung, bisa order katalog kain kami lhooooo....

Antara kain voal sendiri ada banyak variasinya. Shrelo sendiri memiliki 2 jenis kain voal, yaitu Voal Turki dan Voal Paris. Voal Paris lebih tipis dan lemas, benangnya lebih kecil dan padat dibanding Voal Turki. Mana yang lebih favorit? Anda yang menentukan! :)




3 komentar

  1. ShiieeEettt.... Aku tertipuuuu.... Selama ini cetak di tetangga sebelah dapet yang kanan belakang putih kasar itu....

    BalasHapus
  2. Nice info kak.. Trimakasih :)

    BalasHapus

Hubungi kami

Shrelo. Ruko Arteri Gading E1 No.12. Jl. Arteri Kelapa Gading, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Jakarta Utara. Jakarta. Indonesia. 14240
+62-818-08986530
+62-814-10035250
Senin-Jumat (09:00 - 18:00)
Sabtu (09:00 - 14:00)

Formulir Kontak

Names

Email

Pesan

© SHRELO. All Rights Reserved