PRINT KAINlangsung JAHIT
beyond fabric printing
Get Started
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Membuat Usaha Kuliner Ramai dan Viral

Posted On Kamis, 10 Januari 2019


Baru buka usaha kuliner? Keren! Atau sudah buka lama tapi gitu-gitu saja? Hmmmm... Ini nih yang kamu perlu tahu. Beberapa tahun belakangan ini banyak orang yang meninggalkan kerjaan formal kantoran, untuk memulai usaha sendiri. Salah satu usaha yang paling banyak dirintis adalah usaha kuliner. Argumennya biasanya karena orang selalu butuh makan.


Berbagai usaha dilakukan untuk membuat restaurant viral, dari pasang foto di Instagram, beli like Instagram, beli follower Instagram, beli Google Review bohongan (ya ya... saya tahu kok kamu gitu... wkwkwk), dan masuk ke situs pencarian restaurant seperti Zomato dan Qraved.

Masalahnya, yang buka usaha kuliner sudah banyak sekali. Semua tampilan foto di dunia digital yang kamu boost sulit banget mendapat "organic reach". Semua-semua serba serupa. Nggak percaya? Nih contohnya, kalau dicari keyword "ayam goreng", hasilnya kurang lebih seperti ini.

Perhatikan, foto-foto itu sudah serupa satu sama lain, kondisi ini sering disebut sebagai "clutter", Akibatnya, apa yang kamu post di social media hanya dilihat sekilas oleh pemirsanya. Postingan seperti ini tidak menghasilkan interaksi, apalagi jualan.

Berbagai cara dilakukan oleh pemilik bisnis kuliner untuk "memaksa" konsumennya membuat posting di Instagram. Misalnya, membuat post mengenai restaurannya dan memberikan discount khusus jika sudah melakukan post dan tag. Cara ini lumayan efektif pada beberapa case, yaitu jika konsumennya adalah segmen market "pengejar discount". Mau tahu siapa follower kaum "pengejar discount" itu? Yak benar sekali, sesama "pengejar discount".

Sebenarnya ada cara lain bagi pemilik usaha kuliner untuk membuat usaha kulinernya viral, yaitu dengan memberikan "gimmick" / merchandise / suvenir ke customernya. Misalnya, untuk pembelian paket tertentu, atau belanja dengan jumlah tertentu, maka pembeli akan mendapatkan souvenir khusus.

"Ah nggak juga min, saya pernah buat yang gitu, tapi tetap ga berhasil!"

Eits, tunggu dulu, suvenir apa yang kamu berikan? Pensil? Gantungan kunci? Ballpoint? Ya iya lah.... souvenir barang generic begitu, tidak akan membuat restaurant kamu viral. Pensil? Yah itu cuma ditaruh di dekat dapur, buat nulis daftar belanja. Gantungan kunci? Bo, siapa yang mau pakai logo restaurant kamu, pasang di tas backpacknya yang bermerk? Paling buat kunci rumah doang, tidak ada exposurenya sama sekali!

Gimmick untuk customer zaman now, haruslah sesuatu yang unik, yang tidak biasa, yang bisa jadi bahan pembicaraan dengan kelompoknya. Buatlah sesuatu yang unik, yang kalau ada orang dapat, dia bisa post, atau orang lain lihat, dan mereka bertanya, "....mau donggggg beli di mana ini?". Dan jawabannya.... "...tidak beli, tapi makan di resto ikan bakar XYZ minimal Rp 500,000 dapat pouch ini...". Benar, ciptakan kelangkaan sehingga calon konsumen baru kamu harus makan di resto kamu.

Mau lihat contoh produk unik yang bisa kamu buat?

Pouch bentuk ikan, unik banget dan sedang viral

Ini contoh pouch ikan pada posisi lain, sudah diisi barang. Instagram-able kan? Gile lu ndro, jangan dibandingin sama gantungan kunci dan pin custom yang pernah kamu buat berapa tahun yang lalu.

Terus bikin boneka ikan goreng, buat yang punya restaurant sunda atau saung. Sisi satunya bisa kamu kasih logo restaurant kamu. Selain unik buat digemes-gemesin, ini bagus juga buat prank, atau buat teman makan di tanggal tua.

Buka usaha liwetan? Don't worry, kamu bisa kasih bonus table runner daun pisang kayak gini buat customer kamu yang makan ber-20 misalnya... Wkwkwkwk...


Punya restaurant Jepang? Kamu bisa buat plushie salmon sashimi begini, kasih logo resto kamu di baliknya. Langganan kamu pasti rajin datang dan mengumpulkan banyak boneka kecil-kecil gini sampai lengkap!

Spesialis sushi roll dan sashimi?

Kamu bisa buat ini

ini

ini
atau ini...
Punya restaurant sea food? Bikin boneka kepiting besar seperti ini, buat yang makan rame-rame dengan belanja minimal sekian, dapet dehhh...

Jualan pisang goreng? Kamu bisa buat boneka pisang, atau pouch bentung pisang. Nugget pisang goreng bukan punya artis mana suaranya?
Punya usaha bikin donut? Atau kamu adalah marketing manager dari toko donut legendaris itu? Wow... kamu baca tulisan ini? Kita jodoh berarti, ayo bikin boneka donut. Bagian belakangnya bisa dikasih logo resto kamu lho.

Cuma jualan telor ceplok? Atau spesialis kafe yang buka sejak jam sarapan? Kamu bisa bikin pouch gini.

Kafe di hotel mewah pun bisa lho buat gimmick set lengkap begini. Ini menggemaskan dan collectibles, jadi customer kamu mau mengumpukan semuanya.

Kamu bikin pizza? Bikin dong boneka pizza. Belakangnya kasih logo resto kamu. Mantab!

Punya toko kue? Kamu bisa buat boneka cookies begini, satu sisi dikasih logo toko kamu...

Begini juga keren lho, boneka roti jahe begin imasih jarang yang buat


Buka usaha kopi kekinian yang biasa pakai ojek online? Kamu bisa bikin bantal biji kopi begini. Sisi satunya kasih logo kamu. 

Buka kuliner berbahan dasar buah-buahan? Salad buah, puding buah, cake buah? Atau jualan buah segar? Don't worry, banyak kreasi yang bisa kamu buat!

Pouch serut semangka, kasih quotes lucu di depan, dan logo restaurant kamu. Pasti banyak yang simpan sampai lama, dan orang ingat terus restaurant kamu. Ga kayak gantungan kunci kan? Wkwkwk...


Boneka semangka, bisa juga lho bikin boneka buah-buahan lainnya....

Pouch bentuk irisan semangka, ini unik banget lho...

Make up pouch atau pouch kotak bentuk semangka, keren ya?

Totebag semangka, keren kan? bikin segar hari-hari kamu!


Perlu ide kreatif lainnya? Follow instagram kami di sini.

Mau diskusi ide kreatif lainnya dengan customer service kami? Hubungi kami di sini.

Mau coba lihat contoh produk satuan? Langsung mampir ke reseller kami di sini.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Hubungi kami

Shrelo. Ruko Arteri Gading E1 No.12. Jl. Arteri Kelapa Gading, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Jakarta Utara. Jakarta. Indonesia. 14240
+62-818-08986530
+62-814-10035250
Senin-Jumat (09:00 - 18:00)
Sabtu (09:00 - 14:00)

Formulir Kontak

Names

Email

Pesan

© SHRELO. All Rights Reserved