PRINT KAINlangsung JAHIT
beyond fabric printing
Get Started
Diberdayakan oleh Blogger.

Tips dan Trik Berjualan Online Untuk Reseller

Posted On Rabu, 05 Februari 2014


Artikel ini kami buat khusus untuk pembaca yang ingin menjadi reseller kami :) 
Selain berjualan kain cetakan secara langsung, para reseller kami juga terdiri dari orang-orang yang bisa mengolah hasil cetakan kami menjadi sesuatu yang mempunyai economic value lebih, misalnya menjadi cushion, bantal foto, tas, produk interior, apparel, sepatu, dan masih banyak lagi.
Nilai jual dari produk-produk ini jauh lebih tinggi daripada cost yang harus mereka keluarkan, apalagi kalau mereka sudah mempunyai Merek atau Brand tersendiri.
Mereka berjualan dengan cara Offline seperti di butik, pameran, toko atau secara Online.

Terkadang berjualan secara online khususnya barang fashion terdengar mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, akan tetapi sebaliknya, dibutuhkan beberapa tips dan trik agar sukses di dunia online yang memiliki cukup banyak persaingan. Internet memang memberikan akses ke banyak calon pembeli yang berada di tempat yang berbeda. Melalui internet anda bisa terhubung dengan calon pembeli di seluruh daerah. Lokasi tidak lagi sepenting dulu karena anda dapat berinteraksi dengan siapa pun secara online. Namun, tingkat persaingan dunia online juga sangat tinggi, disini anda harus bersaing dengan ribuan penjual yang juga berlokasi di seluruh dunia. Agar kesuksesan dalam berjualan online, anda perlu memanfaatkan beberapa tips di bawah ini : 


1. Deskripsi barang yang lengkap
Berilah deskripsi lengkap pada tiap produk yang Anda jual, mulai dari ukuran panjang x lebar x tinggi, material (100% poly atau campuran lainnya), cara mencuci dan merawat. Karena customer hanya bisa melihat tapi tidak bisa menyentuh barangnya, maka deskripsi menjadi sangat penting. Google Search juga suka dengan website yang mempunyai banyak kata-kata.

2. Foto produk yang menarik
Semua fotografer profesional akan setuju bahwa cahaya memainkan peran yang sangat penting untuk menghasilkan foto yang baik. Bahkan kamera smartphone pun bisa menghasilkan gambar yang berkualitas bila cahayanya cukup. Pakailah lampu LED Phillips yang memiliki terang putih seperti matahari atau foto di outdoor saat ada matahari pagi. Beri background foto yang menarik dan unik seperti lantai kayu, bunga, dan accesories lain. Bisa juga menggunakan model yang sedang menggunakan produk tersebut. Setelah itu, edit gambar di Photoshop untuk menaikan brightness/contrastnya dan juga level adjustmentnya (Image - Adjustment - Level..)







3.  Memiliki Kualitas Pelayanan yang Baik

Usahakan agar pesanan pembeli cepat direspon dan pengiriman barang tidak terlalu lama. Salah satu dilema/keuntungan berbisnis online adalah tidak ada batasan jam kerja, kadang tengah malam pun masih ada yang melakukan pemesanan atau bertanya, sebagai penjual kita harus siap untuk selalu merespon balik, jangan terpaku dengan jam kerja biasa karena pembeli biasanya baru sempat browsing sewaktu hari libur, pulang kerja atau weekend.

Ketika anda menjual baju atau tas secara online, kadang pembeli merasa model, ukuran atau kualitas baju / tas tidak sesuai dengan keinginan pembeli, dikarenakan pembeli hanya melihat gambar di internet, mereka akan menghubungi anda untuk menyampaikan berbagai macam komplain. Sebagai penjual yang baik anda harus memberikan solusi terbaik dan cepat agar pembeli merasa hak nya terpenuhi. Hal ini akan memberi efek positif dalam pelayanan toko online anda. Alangkah bijaksana apabila sebagai pemilik toko online anda menawarkan layanan pemgembalian barang atau penukaran barang yang sesuai dengan keinginan pembeli tetapi dalam batas-batas kewajaran agar pembeli merasa senang dan puas, tidak menutup kemungkinan mereka akan membeli lagi di waktu yang akan datang atau mempromosikan toko online anda sebagai toko online terpercaya.

4. Menawarkan Layanan Gratis Pengiriman (Free Shipping)

Alasan utama pembeli malas membeli produk secara online adalah mereka dibebankan biaya pengiriman yang tidaklah murah. Apabila anda bisa memberikan pelayanan gratis pengiriman ke semua daerah tentunya ini akan memberikan nilai lebih untuk toko online anda. Packing produk juga harus diperhatikan karena pembeli akan sangat senang apabila packingan terlihat rapi dan menarik, mungkin bisa ditambahkan paper bag atau pita sebagai pemanis packingan.



5. Menampung semua pertanyaan yang sering muncul dalam satu halaman khusus 

Agar kita juga tidak menginformasikan hal yang sama berulang-ulang, buat satu halaman Frequently Answer Question yang dapat menjawab semua pertanyaan-pertanyaan customer yang mungkin muncul seperti bagaimana cara memesan, cara pembayaran, berapa lama barang dikirim, tarif pengiriman, diskon khusus dan lainnya.

6. Miliki account dari beberapa bank untuk memudahkan pembayaran
Bank yang paling sering digunakan adalah BCA, Mandiri dan BNI.

Selamat memulai bisnis online!
Jika Anda tertarik menjadi reseller kami silakan baca halaman FAQ kami disini dan lakukan pemesanan online dengan mengisi form disini

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Hubungi kami

Shrelo. Ruko Arteri Gading E1 No.12. Jl. Arteri Kelapa Gading, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Jakarta Utara. Jakarta. Indonesia. 14240
+62-818-08986530
+62-814-10035250
Senin-Jumat (09:00 - 18:00)
Sabtu (09:00 - 14:00)

Formulir Kontak

Names

Email

Pesan

© SHRELO. All Rights Reserved